harga tanah di bali
harga tanah di bali

Menurut UNESCO dan situs-situs wisata seperti TripAdvisor atau Lonely Planet, Bali sangatlah indah. Bahkan dunia mengakui bahwa Bali adalah salah satu pulau terindah di dunia menurut Travel and Leisure. Hal ini tentu saja membanggakan. Apalagi Bali adalah salah satu sumber devisa di Indonesia. Tidak hanya keindahan alam, budaya Bali sangatlah unik dan mententramkan hati. Segala penghargaan yang diterima Bali membuat banyak investasi masuk ke Bali. Maka dari itu, harga tanah di Bali pun terkerek naik. Menurut hukum ekonomi tentang permintaan dan penawaran, permintaan yang tinggi akan mengerek harga. Hal itu berlaku juga di harga tanah di Bali. 

Berapa Harga tanah di Bali bagian Selatan?

Di Bali bagian selatan, tepatnya di daerah Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Sanur, Ubud atau Seminyak, harga tanah sangatlah mahal. Sangat sulit menemukan harga tanah di bawah 5 juta/meter. Harga 5 juta/meter hanya mungkin ditemukan di pedesaan atau di pelosok. Akses jalan ke sanapun cukup sulit, biasanya hanya dapat dilewati motor saja. Jika ada budget lebih misalnya 10 juta/meter, akan dapat membeli tanah di perumahan kelas menengah. Tentu saja lingkungannya lebih baik dan elit. Namun demikian, juga bukan di pinggir jalan besar atau di kawasan villa. Jika taruh saja harga 8 juta/meter, dengan luas tanah 100 meter (1 are) harga tanahnya saja sudah Rp 800 juta rupiah. Belum ditambah bangunan. Misal bangunannya 50 m2 dan harga bangunan 5 juta/meter, maka total harga rumahnya sudah lebih dari 1 milyar. Maka tidak heran, harga rumah di Bali memang milyaran rupiah. 

Jika di kawasan villa yang bertetangga dengan villa para bule atau orang asing, maka harganya sangat mahal. Harga 15 atau 20 juta/meter untuk tanah sudah biasa. Maka tidak aneh jika villa berharga milyaran atau puluhan milyar. Hotman Paris saja memiliki banyak villa dengan harga puluhan milyar rupiah. Pengacara kondang seperti dia mampu membelinya.

Masih Adakah Harga Tanah di Bali yang Murah?

Jawabannya, hampir tidak mungkin. Pembeli tanah di Bali tidak hanya orang Bali, tapi dari luar kota. Investor dari kota besar seperti Jakarta dan Surabaya sangat meminati Bali. Orang luar negeri seperti dari Singapura, Australia, dan Malaysia pun juga. Maka dari itu, harga tanah di Bali yang murah sangat sulit ditemukan. 

Namun, jika kita tidak membatasi pilihan kita pada Bali bagian selatan, maka itu mungkin. Bali bagian utara memiliki keindahan alam yang bagus pula. Alamnya asri dan masih alami, serta lebih tenang. Di masa depan, akan banyak infrastuktur pendukung pula. Bandara Bali Utara akan dibangun. Jalur kereta api pun akan dibangun. Shortcut Mengwitani – Singaraja juga akan dibangun. Maka Bali Utara akan berkembang. Harga tanah di Bali Utara sekarang masih murah. Harga 2 juta/meter juga masih ada. Bahkan di bawah itu, misal 1 juta/meter pun masih ada walaupun lokasinya tidak akan terlalu bagus. 

Sampai Kapan Harga Tanah di Bali Utara akan Murah?

Tidak akan sampai lama. Begitu infrastruktur dibangun, harga tanah di Bali Utara akan mengejar Bali selatan. Nantinya pada tahun 2021, tidak akan ada lagi harga tanah 1 atau 2 juta/meter. Catat itu. Maka waktu terbaik investasi tanah di Bali adalah sekarang. Yuk hubungi customer kami sekarang juga di 081315476062 (WA / Call) untuk informasi mengenai investasi di Bali, khususnya di Bali Utara.