bisnis developer perumahan di Bali
bisnis properti di Bali

Mau Bisnis Properti yang Sangat Menguntungkan?

Bisnis Properti merupakan bisnis yang mulia dan sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan jumlah tanah di muka bumi ini terbatas. Tuhan tidak menciptakan tanah dua kali. Maka dari itu, sejarah membuktikan harga tanah selalu naik. Jika tanah sebagai bahan baku perumahan selalu naik harganya, harga  rumah pun selalu naik. Tidak heran hampir semua orang kaya di Indonesia memiliki bisnis properti, atau setidaknya mencoba bisnis properti. 

Apa Saja Keuntungan dari bisnis Properti? 

Keuntungan dari bisnis properti ini di antaranya: dukungan pemerintah dan pihak perbankan, resiko yang bisa ditekan, dan profit yang cukup tinggi. Pemerintah beberapa tahun terakhir menyadari adanya backlog perumahan. Banyak penduduk Indonesia terutama generasi muda tidak memiliki rumah. Hal ini membuat pemerintah berusaha menekan jumlah backlog tersebut. Hal itu disiasati dengan mencoba menurunkan jumlah uang muka (DP). Namun bagaimanapun juga, backlog memberi peluang kepada para pelaku bisnis properti. Potensi pengembangan bisnis ini masih sangat besar. Bank-bank pun berusaha membantu menyelesaikan masalah ini dengan memberi subsidi KPR. Baru-baru ini, Bank Mandiri misalnya memperkenalkan KPR Millenial. Dengan KPR jenis itu, generasi millenial (di bawah 40 tahun) dapat menyicil rumah dengan uang muka 5 hingga 10% saja. 

bisnis developer perumahan di bali
bisnis developer perumahan di bali

Keuntungan kedua yaitu resiko yang bisa ditekan. Zaman sudah berubah, kita bisa menekan resiko yang mungkin terjadi dengan bisnis properti ini. Banyak developer, bahkan yang besar sekalipun berpartner dengan pemilik tanah untuk menekan resiko. Group Properti sebesar Ciputra Group saja melakukannya. Kita jangan serakah dalam menikmati rejeki. Bagi-bagilah rejeki dengan pemilik lahan dan marketing (broker) properti. Kerjasama bisnis properti ini yaitu antara si pemilik lahan dengan pemilik modal. Biasanya jika di antara mereka tidak ada yang expert di bidang properti, mereka bisa menunjuk profesional. Si pemilik keahlian ini yang nantinya akan berfungsi sebagai project manager. Dia akan menerima bagian berupa saham atau digaji layaknya profesional. 

Keuntungan ketiga yang didapat dari bisnis properti ini yaitu profit yang cukup tinggi.  Bisnis properti memiliki profit margin yang cukup tinggi. Katakanlah harga modal tanahnya 1 juta rupiah. Pengembang properti bisa menjual rumah dengan luasan 100 meter dan luas bangunan 40 meter dengan harga Rp 600 juta rupiah (dengan modal kira-kira 300 juta rupiah). Berita bagusnya, jika uang yang digunakan untuk membangun adalah uang dingin (bukan pinjaman bank), maka tidak masalah jika rumahnya belum laku. Tahun depan, rumahnya tidak lagi berharga 600 juta rupiah, namun mungkin 650 juta rupiah. Banyak yang bilang, rumah dijemur saja naik harganya.

bisnis developer perumahan di bali
bisnis developer perumahan di bali

Apa Saja Resiko Bisnis Properti? 

Segala jenis bisnis tentu saja ada resikonya. Resiko dari bisnis properti ini yaitu modal yang cukup besar. Tentu saja, bisnis ini memerlukan modal di awal seperti modal untuk membeli lahan dan juga operasional. Namun tidak perlu kawatir, di zaman sekarang, seorang pengembang dapat mengadakan kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Seperti disebutkan sebelumnya, bank dengan senang hati mau berpartner. Hal ini dikarenakan adanya jaminan yang kuat yaitu tanah. Resiko bagi bank kecil. 

Developer perumahan juga bisa berpartner dengan kontraktor. Kontraktor tidak harus dibayar dengan uang, namun dengan bagi hasil misalnya. Atau bisa juga, kontraktor akan menerima bagian berupa unit rumah.

bisnis developer perumahan di bali
bisnis developer perumahan di bali

Dimana Lokasi Potensial untuk Menjalankan Bisnis Properti?

Tentu saja tidak semua lokasi cocok untuk menjalankan bisnis properti ini. Kita harus melihat kebijakan pemerintah dan juga tren yang terjadi. Pemerintah saat ini sedang menggenjot Infrastruktur dan juga pariwisata. Bank Dunia memberikan laporan kepada proyek infrastruktur saat ini di bawah presiden Jokowi, dan memberi beberapa saran. Di dalam artikel itu disebutkan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah Badan Usaha) sangat disarankan untuk menekan level hutang Indonesia. Maka dari itu infrastruktur yang menggunakan skema KPBU bermasa depan sangat cerah.

Di Bali sendiri yang merupakan salah satu pulau terbaik di dunia, bisnis ini sangat potensial. Namun yang menjadi kendala harga lahan di Bali terutama di Bali Selatan seperti Nusa Dua, Kuta, dan Seminyak sudah sangat mahal. Maka dari itu, pemerintah mendorong pembangunan pulau Bali ke arah utara yang masih lebih sepi. Potensi Bali Utara pun dinilai tidak kalah dengan Bali bagian selatan. Berbagai infrastuktur penunjang seperti bandara Bali Utara, proyek shortcut Denpasar Singaraja, pelabuhan Celukan Bawang, maupun proyek Kereta Api sudah direncanakan. Bahkan untuk proyek shortcut pembangunan fisik sudah dilakukan. 

Mau Bisnis Developer Perumahan Menguntungkan?
Mau Bisnis Developer Perumahan Menguntungkan?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara ber bisnis properti di Bali, anda dapat menghubungi bagian Project Manager kami di WA 081315476062.